OVERVIEW

International Conference on Indonesian Studies (ICSSIS) merupakan kegiatan yang menitikberatkan pada kajian/penelitian secara intensif yang menyatukan peneliti, pemerhati, dan mahasiswa dari seluruh kalangan nasional maupun internasional dalam bidang Kajian Indonesia (Indonesian Studies). Kegiatan ini memberikan peluang bagi peserta untuk menghadirkan kajian maupun hasil penelitian dalam ruang lingkup akademik. Para peneliti yang berasal dari mancanegara dengan hasil risetnya memiliki perspektif masing-masing tentang Indonesia. Begitu juga dengan peneliti dari Indonesia dengan perspektif masing-masing. Kedua kelompok peneliti tersebut dapat berdialog untuk memberikan kontribusi bagi kajian Indonesia. Selain itu konferensi ini membuka kemungkinan kerjasama dan jejaring yang bersifat interdisipliner antarpakar di bidang Kajian Indonesia baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Indonesia sebagai negara kesatuan yang terdiri dari keragaman budaya berbagai suku bangsa di dalamnya telah mengalami perkembangan yang sangat dinamis, yang ditandai dengan perubahan-perubahan yang sangat signifikan dalam tataran perubahan geografis, budaya politik dan budaya ekonomi terutama setelah reformasi 1998. Berkaitan dengan hal tersebut, wacana tentang nilai keberagaman semakin menguat dan mengarah pada upaya pembangunan identitas dan karakter bangsa. Identitas bangsa yang dibangun dari upaya membangun nilai-nilai kesejarahan bangsa di masa lalu, yang kemudian diperkuat dengan upaya membangun identitas kesatuan Indonesia pasca kolonial, hingga permasalahan identitas pada masa pasca reformasi. Dengan demikian Indonesia di masa yang akan datang akan memperkuat identitas bangsa melalui sisi pertahanan dan keamanan, kesejahteraan dan kesehatan masyarakat, peningkatan kualitas pendidikan serta adanya tantangan perkembangan teknologi dan budaya multimedia dalam abad informasi dan globalisasi.

Atas dasar pemikiran itu, Universitas Indonesia dalam hal ini Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB UI) bermaksud mengusung event internasional yang dapat mengumpulkan para ahli Indonesia dari berbagai belahan dunia untuk berkumpul di Indonesia dalam International Conference on Indonesian Studies. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia akan menyelenggarakan International Conference on Indonesian Studies 2013 yang ke lima, yang direncanakan akan diselenggarakan di Yogyakarta pada bulan Juni 2013 dengan mengangkat tema “Etnisitas dan peranannya dalam menghadapi globalisasi”.

Tujuan

  1. Melihat dan mengkaji kembali peran Kajian Indonesia dalam kancah internasional pada era globalisasi.
  2. Menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah bagi Kajian Indonesia.
  3. Menjalin kerjasama di antara para pakar dari berbagai universitas baik dari UI maupun luar UI untuk mengembangkan Kajian Indonesia dan penelitian sehingga dapat bermanfaat bagi negara dan rakyat Indonesia.
  4. Memberikan pemahaman serta peminatan masyarakat luas dalam proses belajar secara langsung mengenai studi Indonesia khususnya tentang budaya Indonesia dan keragaman etnik di Indonesia di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.
  5. Meningkatkan citra Indonesia di mata internasional.

Pembicara Tamu

  1. Timothy Mckinnon, PhD, (American Institute for Indonesian Studies – AIFIS)
  2. Prof. Peter Carey (Trinity College, Oxford)

Tanggal Pelaksanaan

13 – 14 Juni 2013

Tempat Pelaksanaan

New Saphir Hotel Yogyakarta

Jl. Laksda Adisucipto No. 38 Yogyakarta 55001


%d bloggers like this: